Pengenalan Bagian-Bagian Komputer Hardware Dilengkapi Dengan Gambar Dan Fungsinya

85

Pengenalan Bagian-Bagian Komputer Hardware Dilengkapi Dengan Gambar Dan Fungsinya; Tema ini diambil saat pelatihan ilmu komputer yang akan diadakan pada tanggal 22-24 Januari 2016 oleh Lembaga Sosial Pendidikan Islam Nurul Ilmi Kayangan yang di pandu oleh Kak Rahman,

Baiklah untuk mengawalinya, didalam lmu komputer ada istilah hardware dan software berikut penjelasan yang sudah dirangkum.

  1. Casing PC

Cassing Pc komputerCasing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing  ini.  Selain sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern  saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlahnya bisa lebih dari satu buah.

Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.

  1. Motherboard

main board atau motherboardMotherboard atau biasa juga disebut mainboard merupakan sebuah papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalulintas data dalam sistem motherboard. Fungsi umum dari Motherboard adalah tempat penghubung / memasangkan processor, RAM, VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain – lain. Motherboard juga merupakan bagian utama yang berada dalam CPU. Berfungsi sebagai papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya. Di antara slot pada papan utama, terdapat slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan slot 1. Motherboard memiliki beberapa jenis soket yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan jenis prosesor.

Berdasarkan penggunaan prosesornya, Motherboard (mobo) dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Untuk Dual Processor
  • Untuk Intel Processor
  • Untuk AMD Processor
  1. Power Supply


Power supply berfungsi 
mengalirkan listrik kesetiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC adalah jenis ATX. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

power suplayBagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik kesetiap bagian di dalam CPU atau motherboard. Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.

Fungsi lainnya adalah mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut kekomponen yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard. Power Supply Unit (PSU) berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt. Power supply yang berkualitas kurang baik dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen komputer, misalnya Harddisk. Salah satu komponen penting pada power supply adalah pendingin (cooling). Dilengkapi dengan minimal sebuah kipas.

Pemberitahuan masalah yang terjadi sering dianggap sebagai masalah yang disebab kanoleh komponen hardware berupa memori, VGA card, atau motherboard tanpa menyangka kesalahan terjadi pada powersupply yang kita gunakan. Berikut ini contoh masalah yang terjadi :

  • Komputer me-restart sendiri saat system sedang bekerja.
  • Intermittent parity check atau other memory-type errors.
  • Harddisk dan kipas angin sec. serentak tidak berputar.
  • Goncangan elektrik dirasakan pada casing atau konektor
  • Power-on atau system startup failure atau lockups
  • Terkadang booting sendiri sec. spontan lockups selama operasi normal.
  1. Processor ( CPU )

processorProsesoratau CPU adalah chip yang terdiri dari jutaan transistor. CPU berfungsi sebagai otaknya komputer dalam memproses data. Untuk komputer kelas desktop, standar menggunakan Processor Intel Pentium 4 atau Processor AMD Athlon 64. Semakin berat program yang dijalankan, maka tuntutan prosesor dengan kapasitas besar pun lebih besar.

Adalah komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan pengendali proses kinerja computer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer.procesor

Masalah pada prosesor biasanya menyebabkan tampilan pada layar blanktanpa bunyi apa pun. Hal ini terjadi karena :

  • Prosesor mati atau rusak
  • Prosesor terbakar akibat suhu terlalu panas yang karena melakukan over lock atau karena kipas pada prosesor tidak berfungsi.
  1. Hardisk Drive ( HDD )

harddrive atau hadrdisk nurulilmi.orgHardisk adalah komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat. Tentu kita tahu hard disk sangatlah penting karena  berguna sebagai media penyimpanan data – data dan program bahkan sebagai boot device utama komputer . Harddisk berbeda dengan RAM. Hard disk bisa menyimpan data secara permanen meski komputer dalam keadaan mati. Semakin besar kapasitas suatu hard disk, maka data yang bias disimpan pun semakin besar.

Fungsi :

  • Salah satualat booting komputer.
  • Media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer.
  • Media penyimpanan semua data dalam kapasitas yang besar pada komputer.

 6. VGA Card

VGA-Card-nurulilmi.orgVGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sangat penting karena menentukan kualitas gambar.VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

Jaman sekarang motherboard yang beredar dipasaran banyak yang menggunakan VGA onboard sehingga Anda tidak perlu membeli VGA card lagi, hal ini sangat membantu untuk menghemat biaya pengeluaran.

  1. Heat Sink Fan ( HSF )

Heat_Sink_Fan_cpu fan nurulilmi.orgHeat Sink adalah alat yang berfungsi sebagai pendingin komponen processor dengan cara memindahkan panas dari processor ke heatsink itu sendiri.

  1. RAM ( DDR )

ram ddr nurulilmi.orgRAM (Random Acces Memory) adalah memori tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. RAM sangat berpengaruh dan penting untuk kecepatan proses komputer kita.

  1. I/O ( Input Output )

IO Input Output pc desktopInput Device adalah perangkat keras computer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah kedalam computer. Contonya keyboard, card reader,dll.

Output Device adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Contohnya Printer, speaker.

 

  1. Baterai CMOS


baterai CMOSCMOS singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor
. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakankomponen berbentuk IC (integrated circuit) yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan settingannya, selama baterai yang mendayainya masih bagus.

  1. BIOS

perangkat bios komputerBIOS atau Basic Input/Output System adalah program pertama yang diakses oleh prosesor selama start up untuk memastikan bahwa semua program dasar lainnya seperti hard drive, port, peripheral dan CPU berada dalam kondisi kerja yang baik. Semua motherboard termasuk blok kecil dari Read Only Memory( ROM ) yang terpisah dari sistem memori utama yang digunakan untuk memuat dan menjalankan perangkat lunak. BIOS kemungkinan besar akan disimpan dalam chip 32-pin, yang biasanya dapat diidentifikasi dengan perak atau emas stiker yang menunjukkan namadari BIOS perusahaan – seperti AMIBIOS, AWARD atau Phoenix.

Berikut ini adalah tampilan bios, setiap bos mempunyai tampilan yang berbeda namun secara umum semua fungsi dan perintah-perintahnya sama.

tampilan bios

  1. CD/DVD Rom/ RW

cd room
Berikut adalah jenis dan fungsi dari CD/DVD ROM/RW :

  • CD ROM hanya berfungsi membaca kaset/piringan CD
  • CD RW berfungsimembacadanmenulis (burning) kaset CD
  • DVD ROM hanya berfungsi membaca kaset CD dan DVD
  • DVD COMBO berfungsi membaca kaset CD dan DVD dan menulis (burning) kaset CD
  • DVD RW berfungsi membaca menulis (burning) kaset CD dan DVD