Profil Singkat Lembaga Sosial Pendidikan Islam Nurul Ilmi Kayangan

585

Nurul ilmi adalah suatu lembaga sosial yang bergerak dibidang pendidikan agama Islam. Lembaga ini didirikan bertujuan untuk memberi bekal pendidikan kepada masyarakat khususnya anak-anak pada usia dini sampai remaja. Bekal yang diberikan yakni meliputi pendidikan dasar agama dan materi pengetahuan umum. Semuanya itu tiada lain hanyalah untuk membekali para generasi agar mereka siap mengikuti pelajaran pada jenjang pendidikan lanjutan.

Selain dari pada itu mengingat zaman sudah serba modern permasalahan pun semakin kompleks, mulai dari kenakalan remaja, meningkatnya kriminalitas dan perkara-perkara yang dapat merugikan negara dan agama tentunya sangat dibutuhkan bimbingan serta arahan yang mendidik. Agar generasi bangsa dan agama bisa menjadi generasi yang berakhlak baik serta berketrampilan yang mandiri.

Oleh karenanya Lembaga Sosial Pendidikan Islam Nurul Ilmi didirikan hanyalah semata-mata untuk membekali, mendidik, membimbing dan mengarahkan para generasi agar kelak siap untuk menghadapi zamannya dikemudian hari dari segi ketrampilan maupun moral. Sehingga diharapkan dengan bekal pendidikan dan pengetahuan agama Islam dan ilmu ketrampilan nantinya bisa menghantarkan generasi bangsa Indonesia menjadi generasi yang beradab, berprilaku baik terampil dan mandiri untuk menggapai kemakmuran bangsa Indonesia.

Dengan pertimbangan tersebut Lembaga Sosial Pendidikan Islam Nurul Ilmi berniat untuk turut serta membantu pemerintah mensukseskan pendidikan nasional secara positif melalui pendidikan keagamaan.

Dengan berlandaskan bhakti sosial, semua pengurus Lembaga Sosial Pendidikan Islam Nurul Ilmi bersama masyarakat bersepakat untuk tidak membebankan biaya pendidikan kepada peserta didik secara wajib. Selain biaya operasional pendidikan didapat dari hasil swadaya masyarakat dan para donatur juga metode penerapannya menggunakan sistim pengabdian dari generasi yang sudah berada pada jenjang atas dan tetap didampingi oleh para pendidik yang juga berprofesi sebagai guru pengajar di sekolah formal dan pondok-pondok pesantren serta para relawan yang ahli dalam ilmu pengetahuan tertentu.

Lembaga Nurul Ilmi menekankan pada pendidikan keagamaan (Dirasah Islamiyah) dan pengetahuan umum seperti bahasa Inggris, Komputer, dan pembekalan ilmu ketrampilan lainnya sebagai bekal dasar di tingkat lanjut pada pendidikan formal maupun non formal. Lembaga Sosial Pendidikan Islam Nurul Ilmi Kayangan menaungi antara lain:

  1. TK AlQuran / TPQ Nurul Ilmi.
  2. Madrasah Diniyah Nurul Ilmi.
  3. Pesantren (Dalam Pengembangan)

Demikianlah sekilas tentang Profil Singkat Lembaga Sosial Pendidikan Islam Nurul Ilmi yang beralamatkan di Desa Kayangan Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur Indonesia. Semoga ada guna dan manfaatnya.